Sejarah Desa

31 Januari 2017 19:18:39 WIB

Sejarah Desa

Desa Puyung adalah sebuah Desa di kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur. Nama Puyung ada sejak jaman dahulu. mengenai sejarah berdirinya Desa Puyung itu sendiri ada beberapa Versi. diantaranya adalah:

Menurut sumber cerita para sesepuh Desa, Ada seorang pendatang dari daerah Sawo Kabupaten Ponorogo yang nama nya Joyo Tirto Karena orang itu di ketahui para penduduk bahwa orang yang sakti mereka di jadikan Demang dan di buatkan tempat tinggal tepatnya sekarang terletak di Rt 22 Rw 11 Dusun Sendang.dan menjadi Demang yang pertama.Terbentuknya Desa Puyung berasal dari riwayat warga Desa banyak yang melakukan penyadapan pohon aren (enao) untuk mendapatkan nira ( bhs jawanya badeg ). Menyadap istilah penduduk Desa: ngepuh,Pohon aren oleh warga setempat dinamakan Luyung . Dari kata ngepuh luyung, menjadi Puhyung, Kemudian menjadi Puyung.Berdasarkan riwayat tersebut maka daerah ini di kenal Desa Puyung Sampai sekarang.

dalam Versi yang lain disebutkan

Puyung berasal dari kata "Timpuh Iyung" sejenis rerumputan yang bisa dibuat Sayur

Konon Ceritanya pada Zaman nenek moyang didesa ini masih hutan belantara, ada pendatang dari Daerah Banyuwangi ingin menetap di Desa ini. Namun,di daerah desa tidak ada sumber makanan yng bisa dimakan kecuali rumput / suket timpuh iyung itu sendiri. maka sang pendatang itu bersabda "Mulo ono rejane jaman deso iki katelaho Deso Puyung" yang artinya kurang lebih "Jika nanti datang Keramaian Jaman, desa ini akan dinimakan Desa Puyung". Sebutan kata Puyung itu sendiri diambil dari gabungan suku kata Puh yung dari nama Rumput Timpuh Iyung. dan Letak Desa puyung itu sendiri awalya berdiiri di Dusun Sendang bukan di Dusun Krajan Seperti yang kita lihat sekarang.

 

Dokumen Lampiran : Sejarah Desa


Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Puyung

tampilkan dalam peta lebih besar