Tanah Bergerak Menimpa Rumah Tarbi Hingga Roboh

Wina Purwanto 04 April 2022 14:21:10 WIB

Puyung-(04/03/2022) Peristiwa kurang beruntung dialami oleh Tarbi 55 Tahun. warga Desa Puyung yang berdomisili di RT 13/07 tersebut kemarin pada hari minggu (03/03/22) rumah tempat tinggalnya terimpa tebing setinggi kurang lebih 12 meter. Peristiwa yang terjadi pada pukul 18:30 WIB tersebut mengakibatkan rumah tersebut roboh rata dengan tanah hingga tidak dapat digunakan lagi. Beruntung kejadian tersebut tidak meninggalkan korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah

Suyono (38) tahun Kepala Dusun Ponggok setelah mendapat laporan langsung meluncur ke lokasi kejadian, sembari melaporkan kejadian tersebut kepada jajaran pemerintah Desa Puyung, berdasarkan tanya jawab Kepala Dusun Ponggok dan pemilik rumah, pada saat itu anggota keluarga tengah bersiap-siap untuk melaksanakan sholat, tiba tiba terdengar suara bergemuruh yang disertai suara atap pecah dan kayu patah dan seluruh anggota keluarga berhamburan keluar rumah. sebenarnya pada saat itu tidak terjadi hujan, hujan lebat terjadi sekitar dua jam sebelum kejadian.

Mendapat laporan dari Kepala Dusun Ponggok, Kepala Desa Puyung Bapak Budiono langsung meluncur ke lokasi kejadian bersama Katur Paminto (33 tahun) BPBD Desa Puyung, disana beliau mendapati rumah Tarbi sudah luluh lantak dan tertimpa material longsor. selain itu, bersama kepala Dusun Ponggok dan BPD Desa Puyung beliau juga meninjau laporan tanah bergerak dilokasi yang berbeda yakni di RT 14/07 yang menimpa rumah Tri Cahyono  (27th) disana beliau mendapati dinding bagian atas rumah jebol, serta melembung karena tertekan oleh material tanah yang bergerak.

Sehari sebelum yakni Sabtu (02/03/2022) kejadian serupa juga terjadi di RT 19/10 Dusun Sendang, tebing setinggi 15 menimpa rumah Supeno (36 Th) yang berada di lereng perbukitan. kejadian  tersebut terjadi pada pukul 01:00 dini hari ketika seluruh anggota keluarga tengah tertidur lelap, akibat dari kejadian tersebut rumah yang mereka tempati juga hampir roboh dengan bilik bagian atas jebol. Beruntung, kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa dan kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Pemerintah Desa Puyung Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek melalui kepala Dusun dimasing-masing wilayah memberikan himbauan kepada warga masyarakat untuk tetap waspada ketika terjadi hujan lebat terlebih bagi mereka yang tinggal di lereng perbukitan atu rumah mereka yang memiliki tebing tinggi. Karena wilayah Desa Puyung sendiri termasuk daerah rawan longsor, terbukti setiap tahunnya selalu terjadi peristiwa yang sama terlebih diakhir musim penghujan seperti sekarang ini.

 

Komentar atas Tanah Bergerak Menimpa Rumah Tarbi Hingga Roboh

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Puyung

tampilkan dalam peta lebih besar