Tanaman Subur Petani Makmur

Wina Purwanto 09 Februari 2021 08:46:03 WIB

PUYUNG-Musim penghujan atau yang lebih dikenal dalam istilah warga masyarakat Desa Puyung dengan sebutan "tracap" adalah musim yang ditunggu tunggu oleh warga masyarakat Desa Puyung yang sebagian bermata pencaharian sebagai petani dan memelihara binatang ternak tersebut. Selain akan melimpahnya pakan ternak di Desa Puyung untuk kebutuhan ternak mereka. Lahan garapan yang mereka kerjakan pada musim kemarau saat musim tracap tiba telah siap ditanami.

Selain lahan garapan tanah kering, sebagian masyarakat Desa Puyung juga ada yang mengolah sawah untuk tanaman padi mereka.  Seperti biasanya tanaman mpon mpon seperti Jahe , Kunyit dan kunci ditanam oleh mereka dengan sedikit tanaman ketela disela selanya. Tetapi pemandangan berbeda terjadi di lahan pertanian masyarakat Desa Puyung dua tahun terakhir ini. Selain tanaman mpon mpon sebagian masyarakat Desa Puyung belakang ini juga banyak yang mengikuti trend petani milenial dengan menanam umbi Porang.

Mengikuti jejak sukses Paidi Porang dari Kota Madiun, warga masyarakat Desa Puyung yang menanam umbi porang nantinya juga akan ikut menikmati madu manis buah kerja mereka menanam umbi Porang. Besar harapan mereka, umbi Porang yang mereka budidayakan nantinya akan ikut meningkatkan kesejahteraan mereka.

Berdasarkan pengakuan dari beberapa petani, umbi Porang cocok untuk dibudidayakan di Bumi Desa Puyung, asalkan dilakukan perawatan dengan baik dan pemupukan yang seimbang. Penanaman umbi Porang di Desa sendiri saat ini sudah menyebar di tiga wilayah Dusun se Desa Puyung meskipun jumlahnya belum begitu besar seperti Desa tetangga.

Komentar atas Tanaman Subur Petani Makmur

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Puyung

tampilkan dalam peta lebih besar