Pengembangan Tanaman Manggis Kelompok Tani Bina Taruna Desa Puyung

Wina Purwanto 18 Desember 2019 10:52:10 WIB

Puyung, Selasa/ 17 Desember 2019
Pada tahun 2019 empat kelompok tani di Kecamatan Pule mendapatkan kegiatan pengembangan tanaman manggis. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan Peningkatan Produksi Tanaman Buah dan Florikultura yang bersumber dari dana APBN. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman buah khususnya tanaman manggis di Kecamatan Pule sebagai Wilayah Agropolitan di Kabupaten Trenggalek.

Keempat kelompok tani tersebut antara lain adalah Kelompok Tani “Tani Rahayu” Desa Pule (15Ha), Kelompok Tani “Alam Tirto Lestari” Desa Jombok (15Ha), Kelompok Tani “Bina Taruna” Desa Puyung (10 Ha) dan Kelompok Tani “Sumber Jaya” Desa Tanggaran (10Ha). Paket kegiatan peningkatan produksi tanaman manggis tersebut berupa 5.000 batang benih manggis unggul, 500 liter POC, pupuk NPK, dan 100 unit hand sprayer.


Kelompok Tani “Bina Taruna” Dukuh Sendang Desa Puyung memperoleh 1000 batang benih manggis, 100 liter POC, 2000 kg NPK dan 20 unit hand sprayer. Agar paket kegiatan tersebut tiba dengan tepat sasaran dan bisa segera dimanfaatkan oleh petani, maka hari ini Tosiah, S.ST sebagai PPL Pendamping Desa Puyung dan Desa Sidomulyo bersama Budiono selaku Kades Puyung dan Babinsa Desa Puyung melaksanakan pembinaan dan penyerahan bantuan kepada petani penerima.

Dalam kegiatan pembinaan tersebut PPL menyampaikan penyuluhan budidaya tanaman manggis agar petani semakin meningkat keterampilannya dalam berusaha tani. Pada kesempatan tersebut Bapak Kades Puyung juga memberikan motivasi dan arahan kepada petani untuk terus giat dalam bertani sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat.

Tosiah menyampaikan bahwa Dukuh Sendang Desa Puyung merupakan kawasan pengembangan tanaman manggis di Desa Puyung. sehingga kedepan diharapkan Puyung akan menjadi sentra penghasil buah manggis di Kecamatan Pule.

Artikel ditulis Oleh Ibu TOSIAH PPL Desa Puyung

Komentar atas Pengembangan Tanaman Manggis Kelompok Tani Bina Taruna Desa Puyung

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Puyung

tampilkan dalam peta lebih besar