Normalisasi Parit Dan Pelebaran Jalan Warga Bangunsari Dusun Ponggok Desa Puyung

Wina Purwanto 21 Oktober 2019 18:35:39 WIB

PUYUNG-Puncak musim kemarau tengah melanda Desa Puyung Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek, dampak dari musim kemarau yang dirasakan warga masyarakat Desa Puyung pada tahun ini cukup beragam, diantaranya mengecilnya sumber mata air, kekurangan pakan ternak, hingga gagal panen sawah sebagian warga masyarakat Desa Puyung.

Musim kekeringan seperti ini, dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Puyung untuk mempersiapkan lahan garapan pertanian mereka ketika musim penghujan tiba. Selain kegiatan penggemburan tanah, mereka mendistribusikan pupuk kandang mereka ke lahan garapan yang tengah dipersiapkan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tanaman empon-empon masih menjadi prioritas tanaman warga masyarakat, meskipun sudah ada pula diantara mereka menanam umbi ponang yang terlebih dahulu eksis di Desa tetangga.

Meskipun keadaan kekeringan yang sedemikian, namun hingga kini  belum ada laporan dari warga masyarakat tentang adanya krisis air bersih, artinya meskipun mereka kekurangan air di wilayah tertentu kekurangan air tersebut masih dapat tercukupi sumber mata air diwilayah lain di lingkup Desa Puyung Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek.

Disamping disibukkan dengan berbagai kegiatan pribadi masing-masing, warga Desa Puyung juga tidak melupakan tradisi turun temurun yang mereka ikuti yakni gotong royong atau kerja bakti   merawat dan memelihara sarana dan prasarana umum.Seperti tampak pada hari Minggu kemarin (20/10/2019) warga masyarakat RT 12 RW 06 Dusun Pongok dibawah koordinator bapak Suyono Kepala Dusun Ponggok melakukan kegiatan normalisasi parit sekaligus pelebaran jalan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi ketika musim penghujan tiba.

Giat normalisasi saluran air sekaligus pelebaran jalan tersebut dilaksanakan di ruas jalan penghubung antara Dusun Pongok dan Dusun Sendang tepatnya di wilayah Bangunsari. Berdasarkan penuturan bapak Suyono yang pada saat itu ikut hadir melaksanakan kegiatan, kegiatan tersebut diikuti hampir seluruh warga masyarakat RT 12 RW 06 Dusun Ponggok, bahkan beliau menambahkan selain di Bangunsari, giat yang sama juga akan dilaksanakan diwilayah lain di lingkup Dusun Pongok. 

Komentar atas Normalisasi Parit Dan Pelebaran Jalan Warga Bangunsari Dusun Ponggok Desa Puyung

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Puyung

tampilkan dalam peta lebih besar