Swadaya Mbangun Desa

Wina Purwanto 17 September 2019 12:22:20 WIB

PUYUNG - Dalam Rangka percepatan pembangunan Desa sikap pro aktif dari warga masyarakat sangat diperlukan, hal tersebut dilakukan semata-mata untuk mewujudkan cita-cita bersama yakni tercapainya kehidupan masyarakat Pedesaan yang Maju dan mampu mengikuti perkembangan di era modern sekarang ini.

Sikap pro aktif warga masyarakat didalam pembangunan tersebut telah di tunjukkan oleh warga masyarakat Desa Puyung Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek, terbukti dari seluruh program pembangunan yang diselenggarakan di Desa selalu mendapatkan dukungan penuh dari warga masyarakat Desa. Bahkan tak jarang warga masyarakat melakukan swadaya semampunya untuk membantu Pemerintah Desa Puyung memperbaiki sarana dan prasarana yang ada, terutama sarana dan prasarana jalan Desa. Selain itu, dalam perawatan sarana dan prasarana tersebut disetiap lingkungan Rukun Tetangga diadakan kerja bakti rutin sekurang kurangnya satu kali dalam setiap bulannya.

Adalah ruas jalan nggalih ndonomerto, penghubung antara RT 05 dan RT 03 Dusun Krajan, yang mana pada hari Minggu (15/09/2019) dilaksanakan swadaya masyarakat berupa rabat beton dengan panjang 250 m dan lebar 75 cm. Rabat jalan tersebut nantinya hanya diperuntukkan jalur sepeda motor, mengingat jalur tersebut untuk dibangun sesuai standar harus melalui pembangunan Tanggul Penahanan Jalan (TPJ) terlebih dahulu kurang lebih 200 m ,dan dua buah jembatan karena jalur tersebut melewati lokasi  persawahan.

Selain merupakan jalur penghubung antar RT, ruas jalan tersebut juga merupakan jalur Jalan Usaha Tani yang menghubungkan lokasi persawahan dan perladangan warga masyarakat. Dalam pengerjaan rabat jalan swadaya masyarakat tersebut diikuti oleh sekitar 50 warga masyarakat RT 05 RW 03 Dusun Krajan yang mengerjakan pembangunan di bagian selatan jalan, sedangkan sisi utara nantinya akan dikerjakan warga masyarakat RT 03 RW 02 Dusun Krajan.

 

Komentar atas Swadaya Mbangun Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Puyung

tampilkan dalam peta lebih besar