Pertemuan Rutin Kelompok Ternak Kambing Etawa Rojo Koyo Desa Puyung

Wina Purwanto 05 September 2019 20:02:04 WIB

Seperti sudah pernah kita ulas di dalam halaman SID sebelumnya, letak geografis Desa Puyung yang berada di dataran tinggi, selain cocok untuk bercocok tanam juga sangat berpotensi untuk usaha peternakan. Di Desa Puyung ini hampir setiap Kepala keluarga mempunyai pekerjaan sampingan berternak dengan skala kecil, jadi tidak heran jika masuk ke wilayah Desa Puyung kandang ternak bisa dijumpai di setiap rumah penduduk. Adapun mayoritas ternak yang dibudidayakan di Desa Puyung adalah ternak kambing, meskipun demikian tidak menutup kemungkinan di setiap wilayah Dusun juga ditemui Peternak sapi.

Cara pengelola ternak warga masyarakat Desa Puyung, masih terbilang tradisional, dan kebutuhan pakan ternak sendiri masih mengandalkan rerumputan hijau yang tumbuh di Sekitar Desa Puyung. Untuk mencukupi kebutuhan rumput hijau pakan ternak mereka, warga masyarakat Desa Puyung menanam pohon Kaliandra. Pohon Kaliandra sendiri dipih warga masyarakat sebagai tanaman pakan ternak karena selain sudah memiliki kadar gizi yang cukup untuk binatang ternak juga mudah dibudidayakan serta dapat tumbuh subur  serta dapat bertahan hidup ketika memasuki musim kemarau.

Dari banyaknya warga masyarakat yang memiliki sampingan sebagai peternak kambing tersebut maka tidak salah lagi jika Desa Puyung mendapat julukan sebagai Kampung Kambing. Untuk mempermudah Komunikasi antar peternak dan pembinaan terhadap para peternak, maka terbentuklah perkumpulan-perkupulan atau komunitas para peternak kambing itu sendiri. 

Adalah kelompok ternak kambing etawa Rojo Koyo, salah satu kelompok pegiat ternak kambing yang dimotori oleh Suwasis warga RT 04 RW 02 Dusun Krajan Desa Puyung. Yang mana dalam kelompok tersebut mewajibkan seluruh anggota untuk mengadakan pertemuan rutin setiap bulannya. Sembari mengadakan arisan,  dalam pertemuan rutin tersebut para peternak akan berdiskusi dan memecahkan berbagai permasalahan yang ada seputar peternakan kambing mereka.

Seperti bulan bulan sebelumnya, pada hari ini Kamis (06/09/2019)  seluruh anggota kelompok ternak Rojo Koyo mengadakan pertemuan rutin. Bertempat di kediaman Suwasis ketua kelompok komunitas pertemuan tersebut digelar. Dalam pertemuan tersebut tampak hadir ditengah tengah mereka  Bapak Kepala Desa Puyung untuk memberikan dukungan serta motivasi kepada para peternak kambing etawa tersebut. Beliau berharap, dengan meningkatnya usaha ternak kambing di Desa Puyung ini akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mampu membawa Desa Puyung muncul ke permukaan lewat Peternakan  Kambing sebagai salah satu Produk Unggulan Desa.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut Hadir Pula Ibu Tosiah PPL Desa Puyung yang selalu memberikan pengarahan tentang tata cara berternak yang baik dan benar. Beliau juga memberikan penyuluhan tentang berbagai penyakit hewan dan cara penanggulangannya. Selain itu, beliau juga memberikan penyuluhan terkait pemanfaatan kotoran kambing sebagai pupuk organik yang berkualitas untuk menyuburkan tanah garapan para peternak kambing tersebut.

Pada pertemuan kali ini, para peternak hadir dengan membawa beberapa ekor kambing peliharaan mereka, selain ditunjukkan langsung kepada bapak Budiono Kepala Desa Puyung akan potensi ternak mereka, hal tersebut dilakukan untuk mempermudah interaksi mereka dengan Ibu Tosiah PPL Desa Puyung.

Dilaporkan oleh :Slamet Riyanto Kepala Dusun Krajan

Komentar atas Pertemuan Rutin Kelompok Ternak Kambing Etawa Rojo Koyo Desa Puyung

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Puyung

tampilkan dalam peta lebih besar