Pembangunan Jalan Produksi Di Desa Puyung Dari Dana DAK APBD Kabupaten Trenggalek Tahun 2019

Wina Purwanto 24 Juli 2019 20:43:25 WIB

Senin 22 juli 2019, penyuluh pendamping desa Puyung Tosiah bersama tim dari kec Pule Bapak Heru Dwi Susanto selaku sekcam Pule melakukan monitoring pelaksanaan kegiatan pembangunan jalan produksi di Kelompok Tani Bumi Mulyo Desa Puyung kecamatan Pule. Jalan produksi merupakan jalan yang dibangun memotong atau berada pada jalur produksi baik tanaman pangan, hortikultura maupun perkebunan sehingga memudahkan mobilisasi sarana maupun prasarana pertanian dari maupun menuju lokasi usaha tani. 

 

Jalan produksi yang dibangun di desa Puyung tahun ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBD Trenggalek tahun 2019. Volume jalan produksi yang dibangun diwilayah perbatasan antara RT 03 dan RT 04 Desa Puyung ini sepanjang 517, 50 meter, dengan lebar 2,5 meter dengan ketebalan rabatan 12cm. Dibangun swakelola melalui kelompok tani Bumi mulyo dan dikerjakan oleh 3 kelompok pekerja yang merupakan anggota masyarakat sekitar. Satu kelompok kerja terdiri dari 15 orang anggota dan dilakukan secara bergantian. 

 

Melalui sistem swakelola ini diharapkan hasil pekerjaan akan lebih baik dan lebih kuat karena kegiatan ini dilakukan oleh masyarakat dan diawasi secara bersama sama. Pekerjaan pembangunan jalan produksi yang mulai dikerjakan pada tanggal 22 juli 2019 hingga hari ini telah mencapai 25 % dari total keseluruhan. Sesuai dengan aturan dan juknis pelaksanaannya, setelah pengerjaan mencapai 25% maka pencairan dana tahap ke 2 untuk pengerjaan selanjutnya dapat dicairkan. 

 

Melalui jalan produksi ini diharapkan dapat mempermudah petani dalam mengangkut sarana produksi maupun hasil panen menuju dan dari lokasi usaha tani, sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Artikel Ini Ditulis dan dilaporkan oleh Ibu Tosiah PPL Desa Puyung

Komentar atas Pembangunan Jalan Produksi Di Desa Puyung Dari Dana DAK APBD Kabupaten Trenggalek Tahun 2019

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Puyung

tampilkan dalam peta lebih besar