Hujan Lebat Di Desa Puyung Mengakibatkan Tanah Longsor

Wina Purwanto 23 Februari 2019 23:54:09 WIB

Hujan lebat yang terjadi pada hari ini Sabtu (23/02/2019) Sekitar pukul 13:00 WIB hingga Pukul 14:15 WIB yang mengguyur Desa Puyung dan sekitar mengakibatkan tanah longsor dan banjir yang menerjang tanaman padi pada persawahan penduduk. Berdasarkan laporan yang yang masuk,  tanah longsor juga menimpa beberapa rumah penduduk Desa Puyung. 

Hal tersebut di ungkapkan oleh kepala Dusun Krajan Saudara Slamet Riyanto,  tanah longsor yang terjadi pada hari ini telah menimpa rumah Sdr  Katirun RT 09 RW 05 dan Rumah Sdr Warsid RT 05 RW 03. Menurut penuturan beliau dari kejadian tersebut diatas rumah sdr Katirun mengalami kerusakan yang cukup parah dengan keadaan hampir lima puluh persen bangunan rumah tertutup material tanah longsor  yang mengakibatkan dinding rumah jebol. dari kejadian tersebut diatas diperkirakan kerugian mencapai Rp 10.000.000 

Sementara itu, kejadian serupa yang menimpa rumah sdr Warsid  mengakibatkan dinding rumah bagian belakang juga ambrol tertimpa material tanah longsor dengan kerugian diperkirakan mencapai Rp 2.500.000. Sampai berita ini diturunkan, langkah langkah yang diambil warga masyarakat bergotong royong membersihkan material longsor meskipun menggunakan peralatan seadanya dan mengevakuasi barang barang ke tempat yang lebih aman.  selain itu,  hujan deras yang terjadi pada hari ini juga menenggelamkan hampir keseluruhan tanaman padi di persawahan di Dusun Krajan dan Dusun Ponggok Desa Puyung. 

Sedangkan Bapak Lamijo kepala Dusun Sendang melaporkan , hujan deras pada hari ini mengakibatkan tanah longsor yang menimpa ruas jalan Desa Mbiring,  Jalan tersebut merupakan jalan penghubung antara masyarakat DDesa Puyung dan Desa Kembangan Desa Pakel Desa Joho dan Kecamatan Pule . Hal tersebut juga diungkapkan pula Oleh Mas Solekan,  tokoh masyarakat yang juga merupakan anggota BPD Desa Puyung ini menambakan tanah longsor tersebut menutup jalan Desa mbiring seluas kurang lebih 20 M dengan material tanah bercampur batu.  Selain itu akibat hujan lebat tersebut juga menggerus tebing tebing jalan Mbiring atau disebut juga jalan jalur Manggahan Pahit.  

Kejadian yang tak kalah Dahsyat akibat hujan lebat hari ini adalah putusnya jembatan Klebet Desa Sidomulyo.  Jembatan yang menjadi penghubung Kab Trenggalek ke Kab Ponorogo dan juga Kecamatan Panggul tersebut dilaporkan putus totol, sehingga laju transportasi yang melewati jalur tersebut diperkirakan lumpuh total. 

Menjelang Pukul 17:00 WIB Sdr Slamet Riyanto juga mendapatkan laporan bahwa kejadian serupa juga menimpa rumah Saudara Paidi dan Saudara Kotres. Keduanya juga merupakan warga masyarakat yang tinggal di RT 09 RW 05 Dusun Krajan Desa Puyung, dan kejadian yang sama juga terjadi di RT 18  Dusun Sendang yang menimpa rumah Saudara Edy Shodikun,  menurut penuturan  Saudara Edy via media sosial kejadian yang menimpa rumah beliau tidak terlalu parah sehingga sudah dapat dikondisikan. 

 

Komentar atas Hujan Lebat Di Desa Puyung Mengakibatkan Tanah Longsor

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Puyung

tampilkan dalam peta lebih besar