Kesenian Jaranan Turonggo Mulyo

Wina Purwanto 16 November 2018 12:52:02 WIB

Ada yang pernah bilang Desa Puyung adalah Desa seni,  di Desa Puyung tumbuh dan berkembang berbagai kesenian dan para pelaku seni , kesenian yang ada di Desa Puyung diantaranya Karawitan , Jaranan,  Khasidah, Electone Campur sari, hadrah,  trebangan dan lain lain,  adapun pelaku seni yang berada di Desa Puyung diantaranya,  Waranggono,  Pramugari / Wiro suworo,  biduan,  penyiar radio dan lain sebagainya. 

Berdasarkan uraian diatas tentang banyaknya kesenian dan pelaku seni di Desa Puyung admin akan sedikit mengulas tentang kesenian jaranan. Berdasarkan penuturan bapak Suwanto salah satu seniman sepuh yang multi talenta di  Desa Puyung,  kesenian jaranan di Desa Puyung sudah ada sejak dahulu dan sudah turun temurun dari  generasi ke generasi.  Namun demikian, kesenian jaranan di  Desa Puyung pernah Vakum cukup lama , baru pada tahun 2013 kemarin seni jaranan di Desa Puyung diadakan pembaharuan kepengurusan , dalam wadah kepengurusan yang baru ini seni jaranan di Desa Puyung muncul dengan wajah baru yang diberi nama TURONGGO MULYO dibawah kepemimpinan bapak Muryadi RT 13 RW 07 Dusun Ponggok Desa Puyung . Kesenian jaranan Turonggo Mulyo itu sendiri bersekretariat di rumah bapak Suwito RT 12 RW 06 Dusun Ponggok Desa Puyung , dalam kepengurusan yang baru ini kesenian jaraan Turonggo Mulyo melibatkan lebih dari Seratus orang Crew yang terdiri dari Pengurus,  Landang / pinisepuh,  pemain , pengrawit,  sinden , wirosworo. Dalam menopang operasional kegiatan mereka,  kelompok kesenian ini memiliki Koperasi sendiri. 

Dalam perjalananya kesenian jaranan Turonggo Mulyo dapat berkembang cukup pesat , semula kesenian jaranan ini hanya menampilkan lengger para remaja pria dewasa  saja,  namun saat sudah sudah ada pula lengger anak -anak dan lengger wanita,  kesenian jaranan ini mengikuti aliran jaranan senthe rewe dangdut kreasi,  namun pada akhir tahun 2017 kemarin kesenian ini bertambah lengkap ketika Mas Rengga Sabur Santosa melalui Komunitas Pencinta Seni melengkapinya dengan  kesenian Rampak Barong yang didukung para pemain muda kesenian jaranan Turonggo Mulyo. 

Ratusan anggota kesenian ini tersebar di Seluruh masyarakat Desa Puyung  dan didominasi warga masyarakat Dusun Ponggok  dan Dusun Krajan bagian utara,  Kesenian ini  sudah sering tampil di dalam berbagai acara baik didalam maupun diluar Desa Puyung  dan di dalam acara pementasan seni yang diselenggarakan oleh pemerintah, baik skaka Desa,  Kecamatan,  bahkan tingkat Kabupaten. 

Pemerintah Desa Puyung sendiri sangat mengapresiasi terhadap kesenian tersebut,  harapan kedepanya Kesenian jaranan Turonggo Mulyo ini dapat berkembang lebih pesat lagi sebagai wujud Ngleluri kabudayan Jawi ditengah modernisasi yang sedang melanda Negeri ini. 

 

Komentar atas Kesenian Jaranan Turonggo Mulyo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Puyung

tampilkan dalam peta lebih besar