Sisetan (Pemilihan Hari Baik Untuk Ijab Kabul Calon Pengantin)

Wina Purwanto 30 Oktober 2018 12:33:31 WIB

Berdasarkan budaya yang telah ada dan dianut oleh sebagian besar masyarakat Desa Puyung secara turun temurun, proses pencarian atau pemilihan hari baik untuk ijab kabul calon pengantin dikenal dengan istilah sisetan. 

Sisetan itu sendiri biasanya dilakukan ketika telah terjadi petung lembut sebelumnya antara kedua belah pihak.  Biasanya seorang pria akan melamar terlebih dahulu kepada orang tua sang wanita , dalam hal melamar biasanya dilakukan oleh  seorang pria  secara sendiri atau melalui perwakilan seorang dandan / perantara. Setelah jawaban pasti oleh pihak orang tua sang wanita,  kini pihak keluarga pria tinggal menunggu proses selanjutnya yaitu sisetan. 

Budaya sisetan biasanya dilakukan dengan cara,  keluarga besar calon mempelai wanita datang kerumah calon mempelai wanita beserta sesepuh / pinisepuh Desa dengan membawa segala ubo rampe yang diperlukanya.  setiba dirumah mempelai pria acara dimulai dengan sambutan sambutan dari kedua belah pihak,  selanjutnya pinisepuh  / sesepuh dari kedua belah akan bermusyarah (njejer jarak dengan rumus tertentu berdasarkan hari weton kelahiran kedua calon mempelai)  dalam hal ini biasanya terjadi perdebatan perdebatan kecil diantara kedua belah pihak mengenai calon hari baik yang akan dientukan. Setelah hari baik ditentukan dengan berbagi alasan dan pertimbangan,  biasanya acara dilanjutkan dengan acara tasyakuran selamatan bersama sekaligus ramah tamah. Ada yang sepesial dalam acara ini  dimana banyak menu makanan yang disuguhkan terbuat dari beras ketan   menurut , yang paling Istimewa yaitu kue kicak , olahan ketan dengan taburan kelapa Dan gula Merah serta penyajianya yang memakai tusuk dari bambu ini hanya akan dijumpai ketika diacara sisetan  saja.  Menurut penuturan pinisepuh banyak kue dari ketan yang disuguhkan mengandung filosofi agar kedua calon mempelai  makin dieratkan hubungan diantara keduanya oleh yang maha Esa layaknya seperti sifat ketan itu sendiri yang setelah diolah akan tetap rekat dalam kondisi apapun. Sebelum ramah tamah dimulai acara dilanjutkan dengan do'a sekaligus penutup .

 

 

Komentar atas Sisetan (Pemilihan Hari Baik Untuk Ijab Kabul Calon Pengantin)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Puyung

tampilkan dalam peta lebih besar