Musrenbangdes Dalam Rangka Menyusun RKPDes Desa Puyung Tahun 2020

Wina Purwanto 25 Oktober 2019 05:39:02 WIB

PUYUNG-Rapat Terbuka yang melibatkan seluruh elemen masyarakat Desa Puyung Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek digelar di Balai Desa Puyung pada hari Kamis (24/10/2019) sejak pukul 09:00 WIB hingga pukul 11:30 WIB. Hadir dalam acara tersebut jajaran seluruh jajaran muspika kecamatan Pule, Babinsa Desa Puyung, Bhabinkamtibmas Desa Puyung dan beberapa keanggotaan Kepolisian Polsek Pule, pendamping Desa serta Ibu Inayah Perwakilan dari KOMPAK Kabupaten Trenggalek.

Sambutan serta pembinaan dari Bapak Camat Pule, pada hari Itu disampaikan oleh ibu Setyawati Kepala Seksi Tata Pemerintahan Kecamatan Pule yang kemarin datang bersama bapak Joko Karjanto Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat Kecamatan Pule.dalam sambutannya ibu Setyawati menggaris bawahi pentingnya penganggaran untuk pengisian perangkat Desa, pasalnya pada tahun ini Bapak Sunardi Kepala Seksi Pemerintahan Desa Puyung berakhir masa jabatannya. Sehingga diharapkan tahun 2020 diadakan penjaringan calon Perangkat Desa yang baru. Hal tersebut dimaksudkan agar dapat memaksimalkan jalanya roda Pemerintahan Desa, mengingat beban pekerjaan yang semakin meningkat. Beliau juga menambahkan, seiring berakhirnya masa jabatan BPD, dan Proses penjaringan calon anggota BPD periode 2020-2026 yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2020 mendatang, Panitia Penjaringan yang sudah terbentuk hendaknya mepersiapkan segala sesuatunya berdasarkan petunjuk dari Dinas PMD Kabupaten Trenggalek serta berdasarkan Peraturan atau Regulasi yang telah ditetapkan.

Pada hari itu, Bapak Suwarno Budisusilo ketua BPD Desa Puyung menyampaikan dihadapan forum, tentang berbagai rangkaian tahapan kegiatan mulai dari Musdus hingga Musrenbangdes untuk penyusunan RKPDes saat ini dan tahapan tahapan penyusunan DPJMDes berdasarkan koordinasi dengan jajaran Pemerintah Desa Puyung. Beliau juga menambahkan, Pembangunan Desa Puyung diharapkan tidak hanya berupa Pembangunan fisik saja, namun juga harus melakukan pembangunan Jiwa warga Masyarakat melalui Pembinaan dan Pemberdayaan berdasarkan musyawarah yang telah dituangkan di dalam RPJMDes dan RKPDes.

Pembacaan hasil musyawarah dalam rangka penyusunan RKPDes dibacakan oleh bapak Suwanto Sekretaris Desa Puyung meliputi Bidang Pemerintahan Desa, Bidang Pembangunan Desa, Bidang Pembinaan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa serta Bidang penanggulangan Bencana dan Kebutuhan Mendesak Untuk Program Pembangunan Desa yang akan dilaksanakan pada Tahun 2020 mendatang adalah:

1.Rabat Jalan RT 02 menuju Desa Sidomulyo

2.Pavingisasi Jalan Lingkar Balai Desa

3.TPJ Dusun Krajan

4.Rabat Jalan RT 12 menuju RT 11

5.TPJ Dusun Ponggok

6.Rabat Jalan RT 19 menuju RT 15

7.TPJ Dusun Sendang.

Program pembangunan tersebut ditetapkan berdasarkan rangking prioritas dari musyawarah Dusun masing-masing dan musyawarah Desa.

Dalam kesempatan yang sama bapak Budiono Kepala Desa Puyung menggaris bawahi dan menandaskan semua hal yang telah disampaikan oleh Bapak Camat Pule atau yang mewakili, bapak BPD Desa Puyung Serta Bapak Sektretaris Desa Puyung. Beliau juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk percepatan pembangunan hendaknya dilakukan tidak hanya mengandalkan pendanaan dari APBDes saja, tapi hendaknya dilakukan melalui berbagai alternatif seperti Gotong royong swadaya masyarakat yang sudah berjalan, serta melalui berbagai pengajuan proposal kepada Instansi terkait yang membidangi. Disamping itu beliau juga memohon pendampingan dan bimbingan kepada Ibu Inayah dari Kompak Kabupaten Trenggalek bidang Perencanaan Pembangunan Desa terkait penanganan disabilitas serta stunting yang saat ini menjadi prioritas penggunaan dana desa tahun 2020. Beliau juga berharap potensi Desa Puyung terutama bidang peternakan kambing dapatnya terus dikembangkan untuk turut meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat Desa Puyung Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek.

Seperti tahun sebelumnya, untuk peningkatan kualitas gizi di dalam masyarakat, serta pencegahan stunting di Desa Puyung , program Penambahan Makanan Tambahan (PMT) untuk Balita dan Lansia akan dianggarkan dan diberikan satu kali setiap bulannya melalui 4 Pos Posyandu Balita dan 2 Pos Posyandu Lansia yang tersebar di Tiga Dusun se Desa Puyung Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek.

 

 

Komentar atas Musrenbangdes Dalam Rangka Menyusun RKPDes Desa Puyung Tahun 2020

Pemdes Puyung 25 Oktober 2019 18:47:02 WIB
Inggih mas, Pembangunan Jalan Poros mblimbing Sidomulyo akan kami perjuangkan kembali, mohon doa dan dukungannya
25 Oktober 2019 09:42:04 WIB
Pembangunan jalan blimbing-ngepring untuk tahap 2, mohon juga diperjuangkan kembali
Pemdes Puyung 25 Oktober 2019 06:49:01 WIB
Sembah nuwun rawhipun mas $Surya Puji Bharata
BHARATA FM 25 Oktober 2019 06:36:55 WIB
Nyimak mawon.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Puyung

tampilkan dalam peta lebih besar