Kebersamaan Warga Masyarakat Ketika Tetangga Punya Hajat

Wina Purwanto 24 Maret 2019 14:17:35 WIB

Kodrat manusia sebagai makhluk sosial,  Membuat manusia tidak dapat hidup sendiri dan saling membutuhkan antara satu dengan lainya dalam berbagi hal didalam kehidupan di dunia ini.  Terlebih bagi warga masyarakat yang tinggal di Desa layaknya Desa Puyung Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek ini. 

Sebagai wilayah pegunungan yang terletak sekitar 40 km dari pusat Kota Trenggalek,  warga masyarakat disini terkenal sebagai warga masyarakat yang ramah dan mempunyai jiwa kerukunan dan gotong royong yang tinggi. Hal ini terbukti dalam berbagi kegiatan yang membutuhkan banyak tenaga, tanpa dikomando sekaligus masyarakat sudah terbiasa bergotong royong, misalnya dalam kerja bakti membersihkan jalan lingkungan , merawat atau membangun fasilitas umum  sambatan membuat Rumah,  menggarap lahan pertanian,  panen hasil pertanian dan lain sebagainya. 

Sama halnya dengan berbagi kegiatan gotong royong tersebut diatas,  kegiatan gotong royong juga berlaku ketika tetangga atau sanak saudara mempunyai hajat .Ketika hari hajatan sudah ditentukan,  baik laki-laki maupun perempuan bekerja sama bergotong royong dalam berbagi hal yang berkaitan dengan persiapan hajatan tersebut.

Jauh hari kaum laki laki biasanya bergotong royong mempersiapkan tempat hajatan, mulai dari meratakan tanah,  membuat pagar,  membuat tungku dapat, the membuat tenda dan membuat panggung pementasan dan lain lain. Sedangkan para kaum wanita biasanya bergotong royong ditempat hajatan ketika hari pelaksanaan sudah dekat hingga selesainya acara hajatan. Kegiatan para kaum wanita ini biasanya erat kaitanya dengan urusan dapur. Mulai dari mempersiapkan bambu bambu, membuat aneka jajanan,  membersihkan beras dan lain sebagainya,  hingga hari yang telah dientukan warga masyarakat baik laki laki maupun perempuan tetap bergotong royong ditempat tetangga yang punya hajat dengan peran masing masing yang telah ditentukan oleh tuan rumah dan tokoh masyarakat sekitar. 

Komentar atas Kebersamaan Warga Masyarakat Ketika Tetangga Punya Hajat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Puyung

tampilkan dalam peta lebih besar