Langen Tayub Seni Budaya Yang Digemari Di Desa Puyung

Wina Purwanto 29 April 2019 19:33:31 WIB

Sudah bukan menjadi rahasia umum bahwasanya Desa Puyung adalah tempat lahirnya seniman dan seniwati. Mulai dari Waranggono, Wiro Swara, Pengrawit, Penari, Jaranan,dan Dangdut campur Sari penyanyi, penyiar radio mudah dijumpai di Desa ini. Dengan latar belakang yang demikian tersebut tidak heran jika warga masyarakat Desa Puyung punya hajat sering digelar pentas seni untuk memeriahkan hajat masyarakat Desa Puyung tersebut.

Dari berbagai kesenian tradisional yang ada di Desa Puyung tersebut adalah pagelaran Langen tayub yang paling diminati oleh warga masyarakat, terbukti dalam setiap tahunnya lebih dari 20 kali pementasan pagelaran langen tayub digelar untuk memeriahkan hajat warga masyarakat. Sebenarnya untuk menggelar pementasanlangen tayub di Desa Puyung sendiri tidaklah sulit, dikarenakan mulai dari gamelan, pengrawit, pramugari, dan Waranggono semuanya ada di Bumi Djoko Tirto ini.

Seperti pada hari ini Senin (29/04/2019) bapak Nyamin warga RT 08 RW 04 Dusun Krajan Desa Puyung menggelar pementasan langen tayub dalam rangka mbawahi khitanan Cucu beliau Agung Saputra Putra dari Ibu Mujirah. Dalam pagelaran langen tayub kali ini menampilkan seniman dan seniwati Desa Puyung dan sekitarnya.

Selain itu, pementasan pagelaran seni langen tayub pada hari ini diawali pembukaan tari gambyong yang dimainkan oleh siswi SMPN 3 Pule yang merupakan generasi penerus bangsa yang juga berperan turut Ngleluri Kabudayan Jawi dimasa mendatang.

Komentar atas Langen Tayub Seni Budaya Yang Digemari Di Desa Puyung

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Puyung

tampilkan dalam peta lebih besar